Anda berada di
Beranda > News > Komunitas Regas Sukses Menggelar Sambang Komunitas #9 “Regas Berpesta” Untuk Mendorong Potensi Remaja di Bidang Sastra dan Bahasa

Komunitas Regas Sukses Menggelar Sambang Komunitas #9 “Regas Berpesta” Untuk Mendorong Potensi Remaja di Bidang Sastra dan Bahasa

Kulon Progo – SPJ – Menggiatkan sastra di kalangan remaja menjadi gebrakan untuk terus melestarikan sastra Jawa dan sastra Indonesia di Yogyakarta. Komunitas Remaja Geblek Bersastra atau sering disebut dengan Regas merupakan komunitas sastra remaja pertama di Yogyakarta yang terus menggiatkan sastra melalui kegiatan yang menarik. Hal tersebut menjadi sorotan bagi Dinas Kebudayaan DI Yogyakarta untuk mendukung kegiatan Komunitas Regas salah satunya acara Sambang Komunitas #9 yang didukung Dana Keistimewaan DI Yogyakarta. Acara Sambang Komunitas #9 ini diselenggarakan pada Hari Minggu (26/5/2024) dengan tajuk “Regas Berpesta” di Taman Bupati Kulon Progo.

Regas Berpesta dihadiri oleh Dinas Kebudayaan DI Yogyakarta, sastrawan se-Yogyakarta, praktisi seni Kulon Progo, Duta Pemuda Kulon Progo, komunitas sastra se-Yogyakarta, dan 75 peserta umum. Acara dibuka pada sesi Teras dengan penampilan musikalisasi puisi yang dibawakan Yasin Manik Hawa dan Galanta, pembacaan geguritan oleh Nisa Ayu Darajati dan Bening, dan pembacaan puisi oleh Ayuna Felicia Andra anggota Komunitas Regas.

Ibu Atmi Purbajati, S.Pd selaku Kepala Seksi Bahasa Sastra Dinas Kebudayaan Kulon Progo menyambut baik acara Regas Berpesta dalam rangka mengembangkan potensi remaja di Kulon Progo untuk terus berprestasi melalui bidang sastra dan bahasa.

“Kami sangat mengapresiasi semangat para remaja di Kulon Progo untuk terus berkarya melalui sastra. Apalagi dengan ada Komunitas Regas ini mendorong remaja di Kulon Progo untuk terus berprestasi di bidang sastra dan bahasa hingga nasional,” ungkap Ibu Atmi dalam sambutannya.

Memasuki inti acara yakni sesi Bilik-Bilik terdapat penampilan anggota Regas dengan pembacaan puisi oleh Azmi Rohimah, Bernadeta Irma, Novidha Asha Ariyana, dan Fatin Nafisah Kamilia Ronaa. Geguritan oleh Himawari Asyfadelimawati dan Kidhung Nareswari Asrori. dan macapat oleh Jagad Nareswara Asrofi. Puisi oleh Bilani Rahmadhani.

Acara diselingi dengan Bincang Sastra bersama Bapak Rodi Martono selaku praktisi seni dan sastrawan Kulon Progo untuk membahas perkembangan sastra di Kulon Progo khususnya di kalangan remaja.

Selanjutnya pada sesi Pesta, kegiatan semakin seru dengan penampilan luar biasa dari anggota Komunitas Regas yakni penampilan tari oleh Paulina Melanie Intan. kolaborasi pantomim dan baca cerpen oleh Cantika Putri dan Resmardian Fadhillah, serta menyanyikan lagu-lagu Jawa oleh Alfin Prima.
Selain penampilan tersebut, terdapat pula pameran buku dan pameran produk UMKM KDK Santika dari Komunitas Difabel.

“Kami berharap melalui kegiatan ‘Regas Berpesta’ dapat memberikan ruang untuk belajar dan berekspresi melalui sastra,” ungkap Tri Wahyuni founder Regas. (Muftie).

Artikel Serupa

Ke Atas