Anda berada di
Beranda > News > Bangkit Berkarya Lagi Pasca Pandemi, Gelar 20 Pertunjukan Seni Tradisi

Bangkit Berkarya Lagi Pasca Pandemi, Gelar 20 Pertunjukan Seni Tradisi

JOGJA – SPJ. Awal Februari 2022 di depan sejumlah seniman-budayawan yang berkunjung ke istana negara, Presiden Jokowi menyatakan,”Seni pertunjukan harus bangkit kembali!” Ini pertanda situasi wabah pandemi sudah mulai pulih. Kondisi semakin membaik. Kita dapat bernafas lega atas keberhasilan Pemerintah menyelamatkan kehidupan bersama dimana semua warga bangsa patuh dengan protokol kesehatan, mendorong masyarakat mau disuntik vaksin 2 kali dan 1 kali booster. Sebuah pencapaian keberhasilan yang membanggakan di tingkat dunia.

Seni dan tradisi harus bangkit lagi, karena kegiatan seni budaya merupakan akar pembangunan kualitas manusia. Sebuah investasi penting berbangsa dan bernegara. Presiden berharap, pertunjukan seni dapat digelar kembali dengan tetap menjaga protokol kesehatan, ditonton 50% penonton dari kapasitas gedung. Kemungkinan dapat bertambah menjadi 70-80% apabila keadaan mulai membaik. Selain itu, Presiden juga mendorong BUMN, perusahaan swasta, dan industri memberikan dukungan melalui dana CSR kepada kegiatan seni budaya. Komitmen Presiden akan menjadi bukti nyata hadirnya negara dalam menyelamatkan hidupnya kesenian dan kebudayaan di Indonesia.

Merespon yang disampaikan oleh Bapak Presiden, Rosan Production yang dipimpin oleh Butet Kartaredjasa menginisiasi 20 kelompok pelaku pertunjukan tradisonal untuk mementaskan karyanya baik itu di dalam gedung pertunjukan maupun di kampung-kampung. Pertunjukan tradisional ini terdiri dari pementasan Wayang Kulit, Pementasan Kethoprak, Musik dan Teater Rakyat.

Menurut Butet Kartaredjasa pimpinan Rosan Production, harapan dari pementasan ini selain mengaktifkan kembali kelompok-kelompok seni tradisi yang pada sementara waktu kemarin vakum akibat pandemi. Juga mengaktifkan kembali kantong-kantong budaya dan gedung-gedung kesenian yang telah lama mangkrak serta menciptakan ruang ekonomi kreatif di masing-masing lingkaran kelompok seni tradisi.

“Dari 20 pementasan ini penyelenggara juga berharap ada efek domino dari UMKM yang akan bangkit, pertunjukan yang dilaksanakan dikampung dapat mengundang atau menciptakan pasar dadakan yang dapat menggerakkan ekonomi mikro. Atau minimal memberikan hiburan bagi para penikmat seni tradisi,” ungkap Butet dalam rilisnya (24/07/2022).

Selain itu Rosan Production dan BUMN Sponsor juga mempersilahkan 20 pertunjukan ini ditiketkan dan dicarikan sponsor lain. Hal ini diharapkan dapat membuka peluang bagi para pelaku seni untuk menambah income produksi. Disinilah peran negara hadir melalui BUMN BRI dan PLN dalam mendukung tumbuh kembangnya ekosistem seni dan budaya dalam masyarakat. 20 Pertunjukan ini akan berlangsung pada Bulan Agustus hingga November 2022.

Berikut jadwalnya;

  1. Sabtu, 06 Agustus 2022, Ki Catur Kuncoro (Wayang), di Ndalem Yudonegaran.
  2. Selasa, 10 Agustus 2022, Kelompok Sedhut Senut (Teater), di Balai Dusun Panggang II Giriharjo, Panggang, Gunung Kidul.
  3. Kamis, 18 Agustus 2022, Sinten Remen (Musik), di Concert Hall (TBY).
  4. Sabtu, 20 Agustus 2022, Ketoprak Tjonthong, di Taman Budaya Kulon Progo.
  5. Sabtu, 27 Agustus 2022, RRI (Ketoprak), di Auditorium RRI, Demangan, Yk.
  6. Kamis, 01 September 2022, Ki Fany Rikiansyah (Wayang) – Bahusosro grup, di Ndalem Yudonegaran.
  7. Sabtu, 03 September 2022, Tobong Sosrobahu (Ketoprak), di (Masih dalam konfirmasi).
  8. Kamis, 08 September 2022, Forum Aktor Yogyakarta, di Sociatet (TBY).
  9. Senin, 19 September 2022, Omah Cangkem Pardiman, di Concert Hall (TBY).
  10. Sabtu, 24 September 2022, Ki Utoro Wijayanto (Wayang), di Dusun Kalidadap, Selopamioro, Imogiri, Bantul.
  11. Kamis, 29 September 2022, Mustika Sembada (Ketoprak), di Lapangan Kec. Turi, Sleman.
  12. Sabtu 01 Oktober 2022, Ki Anom Sucondro (Wayang), di Balai Desa Giripurwo, Kulon Progo.
  13. Sabtu, 08 Oktober 2022, Margo Budoyo GK (Ketoprak), Lapangan Tanjungsari, Semanu, Gunung Kidul.
  14. Sabtu, 15 Oktober 2022, Suryo Budoyo (Ketoprak), di Kelurahan Brebah, Sleman.
  15. Sabtu, 22 Oktober 2022, Ki Nanang Hadi Sugito, di Pendopo Kapanewon Wates, Desa Bendungan, Kulon Progo.
  16. Kamis, 27 Oktober 2022, FKKB Bantul (Ketoprak), di Societet (TBY).
  17. Rabu, 02 November 2022, Embrio (Teater Rakyat), Concert Hall (TBY).
  18. Jumat, 04 November 2022, Ki Hening Sudarsono (Wayang), di Desa Hargosari, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunungkidul.
  19. Minggu, 13 November 2022, Ki Mara Pembayun (Wayang), di Omah Petruk Karang Kletak, Sleman.
  20. Rabu, 16 November 2022, Dagelan Mataram – Keluarga Cantrik (Teater Rakyat), di Societet (TBY).

Menurut panitia Rosan Production Tirtodipuran MJ YK, semua pertunjukan dilaksanakan pukul 20.00 WIB. Acara ini terselenggara dengan dukungan Badan Usaha Milik Negara, BRI dan PLN. (tks)

 

Artikel Serupa

Ke Atas