Anda berada di
Beranda > News > Yogyakarta Jadi Lokasi Syuting Film “Taufiq”

Yogyakarta Jadi Lokasi Syuting Film “Taufiq”

Para pemain dan kru film “Taufiq” (foto: ist.)

SLEMAN – Menutup tahun 2018, Matta Cinema bekerjasama dengan Maxx Pictures akan menggarap proyek film biopik periodik berjudul “Taufiq”.

CEO Matta Cinema, Cornelio Sunny, memaparkan bahwa wacana mengenai proyek film ini sudah direncanakan sejak dua tahun lalu. Film “Taufiq” bercerita mengenai kehidupan masa remaja Taufiq Kiemas sebagai seorang aktivis dan perjuangannya saat berusaha keluar dari penjara.

“Film ini nantinya akan bercerita tentang perjuangan seorang Taufiq Kiemas sebagai seorang aktivis”, ujar Ody Mulya, ketika ditemui awak media dalam jumpa pers yang digelar di Satoria Hotel, Selasa (4/12/2018). Ody Mulya adalah salah satu tim produksi film Taufiq yang juga terlibat dalam produksi film Dilan 1990.

Pemilihan sosok Taufiq Kiemas sendiri sebagai subjek utama film ini semata-mata karena ternyata seorang Taufiq Kiemas memiliki kisah hidup yang begitu menarik dan masih relevan untuk dijadikan panutan di generasi sekarang, baik kiprahnya sebagai politikus maupun sebagai manusia pada umumnya, sampai perjuangannya merebut hati putri presiden Soekarno, yakni ibu Megawati Soekarnoputri.

Sementara sang Sutradara Ismail Basbeth menginginkan agar film ini nantinya bisa digandrungi oleh anak-anak muda, mengingat kisah yang diangkat adalah masa muda Taufiq Kiemas yang begitu menarik, tapi juga bisa menjadi sarana nostalgia bagi para generasi lanjut usia.  “Aku pengen film ini nanti bisa dinikmati siapa saja, anak muda bisa enjoy, tapi yang tua juga bisa nostalgia”, ujarnya.

Meskipun Taufiq Kiemas lebih dikenal publik sebagai Ketua MPR RI serta suami dari Megawati Soekarnoputri, Ismail Basbeth dan seluruh kru meyakinkan bahwa film ini tidak dibuat untuk kepentingan politis dari atau untuk pihak manapun, termasuk dari partai ibu Megawati sendiri.

“Status Taufiq sebagai politisi memang tidak bisa kita lepaskan, tapi disini yang ingin kita angkat adalah masa muda Taufiq Kiemas, dari perjalanan hidupnya yang begitu berliku, sampai akhirnya menikahi ibu Megawati yang merupakan anak presiden Soekarno,” tambah Ismail.

Film ini akan dibintangi oleh Achmad Megantara yang berperan sebagai Taufiq Kiemas muda. Adapun nama-nama lain yang membintangi film ini tentunya sudah tidak asing lagi dalam kancah perfilman nasional, diantaranya Ferry Salim sebagai Tjiek Agus Kiemas (ayah Taufiq Kiemas), Imelda Therine sebagai Hamzatun Rujida (ibu Taufiq Kiemas), Aghnyni Haque sebagai Megawati muda, Ray Sahetapy sebagai Soekarno, dan Brandon Salim sebagai Yaman.

Sebelumnya, film ini sudah menjalani proses syuting perdananya di Palembang pada akhir November lalu. Yogyakarta akan menjadi lokasi syuting selanjutnya dari film ini, dengan melibatkan sejumlah extras dari sineas film lokal.

Film “Taufiq” rencananya akan tayang perdana pada Maret 2019 mendatang. (qin)

Artikel Serupa

Ke Atas