Anda berada di
Beranda > News > Inovasi Baru Pojok Baca Kembali Hadir di Perpustakaan Kota Yogyakarta

Inovasi Baru Pojok Baca Kembali Hadir di Perpustakaan Kota Yogyakarta

YOGYAKARTA – Ide, kreasi dan inovasi tak pernah habis untuk digali demi pembiasaan gemar membaca di kalangan masyarakat Kota Yogyakarta. Baru-baru ini Perpustakaan Kota Yogyakarta meluncurkan inovasi Pojok Baca yang dikemas lebih unik dan menarik, serta tanpa batasan jam layanan.

Pojok baca ini ditempatkan di lokasi-lokasi yang mudah dijangkau warga masyarakat. Ada yang di trotoar, di halaman, dan di shelter di wilayah sekitar Perpustakaan Kota Yogyakarta baik di Kotabaru maupun di Pevita Jalan Mayjen Sutoyo.

Sebagaimana tradisi, pemberian nama cantik pun dilakukan untuk ini. Ada tiga pojok baca baru dengan nama : Pocahontas (Pojok Baca Di Bawah Pohon Trotoar Kotabaru), Kalisha (Koleksi Majalah dan Terbitan Berkala Di Shelter Kita) dan Casandra (Pojok Baca Masyarakat Daerah Wilayah Selatan Jogja).

Pojok Baca Pocahontas dengan rak buku yang ditempatkan di trotoar Jalan Suroto persis di depan pagar Perpustakaan Kota Yogyakarta. Rak buku yang biasa saja dikemas menjadi luar biasa dengan penambahan desain grafis yang menarik, dilengkapi pesan-pesan literasi yang tertulis. Rak buku ini tampil atraktif dengan warna menarik.

Di sebelah kanannya terdapat bangku panjang yang disediakan dan biasa digunakan pejalan kaki untuk rehat. Lokasi ini diteduhi oleh rimbunnya dedaunan pohon beringin yang menjuntai dari balik pagar halaman Perpustakaan Kota Yogyakarta. Pocahontas diharapkan mampu menjadi pelengkap bagi para pejalan kaki menikmati lingkungan Kotabaru.

Tak berbeda jauh dengan Pocahontas, ada pojok baca Kalisha di bagian dalam pintu masuk Perpustakaan Kota Yogyakarta. Kalisha menyasar kepada pengunjung yang menempatkan diri di shelter halaman dalam perpustakaan. Mereka biasa mengakses layanan perpustakaan tanpa harus masuk ke dalam gedung. Terdapat shelter yang nyaman lengkap dengan fasilitas wifi.

Kehadiran Kalisha menjadi pelengkap bagi mereka untuk menikmati sajian buku dan majalah. Sementara Casandra hadir melengkapi layanan Perpustakaan Pevita di wilayah Jogja Selatan. Casandra juga disediakan bagi pengunjung shelter Pevita. Di hari sekolah shelter ini biasa dikunjungi ibu-ibu wali siswa KB Kirana. Di luar itu shelter ini juga dinikmati pengunjung Pevita yang mengakses layanan wifi. Casandra menjadi penyemarak bagi mereka untuk menikmati sajian literasi.

Koleksi yang ada di pojok baca Pocahontas, Casandra maupun Kalisha terdiri dari berbagai terbitan majalah umum, hobi maupun anak. Tersedia Majalah Bobo, Kuark, Donald, Tempo, Gatra, Joko Lodang, Trubus, Ayahbunda dan lainnya. Ada pula buku-buku ringan fiksi maupun non fiksi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko, SE, MM berharap kehadiran inovasi baru pojok baca ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Kota Yogyakarta.

“Silakan mengakses layanan ini, semua kami sediakan untuk masyarakat luas. Manfaatkan untuk mengisi waktu dan rehat dengan kegiatan yang bermanfaat,” tuturnya.

Pihaknya juga berharap, kehadiran pojok baca ini dapat direplikasi dan mampu menginisiasi
pihak lain yang ingin mendirikan pojok baca. (isma/qin)

Artikel Serupa

Ke Atas