Anda berada di
Beranda > News > Konsisten Cetak Wirausaha, UST Pamerkan 10 Produk Unggulan pada Invesda 2019

Konsisten Cetak Wirausaha, UST Pamerkan 10 Produk Unggulan pada Invesda 2019

[Kamis (25/4), Foto: Dr. Sri Hermungingsih, MM., CFP. didampingi TIM menjelaskan Produk Unggulan UST kepada Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda DIY, Drs. Tri Saktiyana, MM.pada INVESDA 2019 di JEC]
Yogyakarta-  INVESDA 2019 merupakan pameran produk unggulan dan peluang investasi daerah yang diikuti oleh para pengusaha lokal. Pada acara yang berlangsung di Jogja Expo Centre (JEC) 25-27 April tersebut, tidak tanggung-tanggung Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) mengirim 10 produk usaha unggulan untuk dipamerkan.

Kesepuluh produk usaha unggulan tersebut, adalah usaha milik mahasiswa yang  tergabung pada binaan Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK UST). Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) ini sendiri merupakan salah satu skema pengabdian masyarakat yang disediakan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang bertujuan untuk menghasilkan wirausaha-wirausaha baru dari kampus melalui program terintegrasi dan kreasi metode mandiri yang dilakukan oleh UST sebagai salah satu universitas pemenang hibah program.

Tahun 2019 merupakan tahun ke-3 tim hibah PPK UST yang diketuai oleh Dr. Sri Hermuningsih, MM., CFP, dan beranggotakan Retno Widiastuti, S.T., M.Eng dan V. Reza Bayu Kurniawan, S.T., M.Sc menerima hibah PPK. Pelaksanaan PPK UST bersama dengan Divisi Kewirausahaan Pusat Karir UST (Dewantara Career Center) selama 2 tahun berturut-turut (2017 dan 2018) telah menghasilkan 21 wirausaha kampus unggulan UST dari sektor kuliner, kerajinan, fashion, dan manufaktur berskala mikro. Beberapa usaha unggulan mahasiswa hasil binaan PPK UST yang akan ditampilkan pada INVESDA 2019 di JEC adalah Wedang Uwuh (minuman tradisional yang dikemas secara instan), Home Lee (hasil olahan lele), D’Katul Cake (Brownies berbahan dasar bekatul), produk unggulan boga, dan produk unggulan kerajinan. Selain itu, di Stand tersebut bisa dilihat proses membatik tulis yang dilakukan oleh Mahasiswi Senirupa UST.

[Kamis(25/04), Herni Mahasiswi Senirupa UST praktik membatik pada INVESDA 2019]
Dr. Sri Hermuningsih, MM., CFP, saat ditemui di lokasi stand UST mengatakan selain digunakan untuk promosi dan mengenalkan produk mahasiswa, beliau juga berharap ada investor yang tertarik untuk berinvestasi pada usaha milik mahasiswa binaan PPK UST.

“Semoga dengan acara ini produk saya semakin dikenal, dan kalau bisa sering-sering ada acara seperti ini”, tutur antusias Erlin Mantalas, mahasiswa Teknik Industri UST disela kesibukannya menjelaskan Produk Wedang Uwuh Instan pada pengunjung pameran.

Artikel Serupa

Ke Atas