Kamu ada di
Home > News > Siapa Bilang Bisnis MLM Tidak Menarik Lagi?

Siapa Bilang Bisnis MLM Tidak Menarik Lagi?

JAKARTA, SPJ – Pada tanggal 4 Juli 2018, kepemilikan saham PT Indocare Citrapasific (“Indocare”) secara resmi beralih ke PT Konimex (“Konimex”). Peristiwa bisnis ini otomatis PT Multicare Mitra Sejahtera (“Multicare”) yang merupakan anak perusahaan Indocare tergabung ke dalam Konimex Group. Serah terima kendali perusahaan Multicare secara simbolis dilakukan di acara Konvensi Ulang Tahun Multicare yang ke-30 pada hari ini di Soehanna Hall, The Energy Building Lantai 2, Jendral Sudirman Kav 52-53, Jakarta. Pemilik lama diwakili oleh Ridwan Salim, sedangkan pemilik baru diwakili oleh pemilik sekaligus Direktur Utama Konimex Indonesia, Rachmadi Joesoef.

Peristiwa di atas membuktikan bahwa bisnis MLM adalah bisnis yang menarik. Daya tarik perusahaan MLM ada pada produk-produknya yang inovatif. Tanpa inovasi produk, perusahaan MLM tidak akan dapat bersaing. Suyudi, yang ditunjuk Konimex selaku Marketing Director Indocare, mengatakan, “Dari beberapa perusahaan MLM, saya melihat Multicare termasuk salah satu yang paling inovatif dalam kategori produk health supplement dan personal care”. Hal itulah yang menjadi salah satu daya tarik Multicare di mata Konimex.

Pengalihan kepemilikan saham Indocare ini akan makin memperkuat posisi Multicare di Industri MLM Indonesia karena bekal pengalaman Multicare selama 30 tahun akan disinergikan dengan pengalaman Konimex yang sudah 50 tahun berbisnis di Industri farmasi.

Multicare didirikan pada tahun 1988 dengan misi meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui peluang bisnis mandiri serta produk-produk perawatan kesehatan dan penampilan. Bisnis mandiri Multicare dijalankan oleh anggota atau mitra bisnis yang berasal dari beragam lapisan masyarakat yang tersebar di seluruh Indonesia, antara lain: Jakarta, Solo, Surabaya, Padang, Makassar, Pontianak dan kota-kota lain.

Multicare memiliki produk yang cukup beragam. Beberapa produk dari kategori perawatan kesehatan antara lain: Vitacare Ester-C (vitamin C yang aman bagi lambung), Vitacare Maitake (ekstrak jamur untuk kanker), Vitacare Squalene (ekstrak hati ikan hiu), Vitacare Echinacea (ekstrak herbal segar untuk daya tahan tubuh). Produk kategori perawatan penampilan antara lain: Phytostemcell (sel induk dari buah apel), Dermalite (mengandung bahan aktif bee venom), Phyto Squalane (Squalane dari olive).

Monica Katrin, Associate Marketing Director Indocare, mengatakan, “Produk-produk Multicare dikembangkan oleh divisi Research and Development internal dan ditindaklanjuti dengan proses produksi menggunakan sarana pabrik produk personal care milik sendiri. Dengan demikian, kualitas kami kontrol secara langsung”.

Konimex merupakan perusahaan swasta nasional independen (private company) yang bergerak di bidang farmasi, consumer goods dan produk ekstrak bahan alami. Perusahaan ini didirikan oleh Djoenaedi Joesoef pada tahun 1967 di Solo dengan tujuan mulia menyehatkan keluarga Indonesia karena semua orang punya kesempatan yang sama untuk menjadi sehat dan hidup bahagia. Oleh sebab itu sejak didirikan, konimex selalu berpegang pada falsafah 3MU (Mutu, Mudah, Murah), yaitu kualitas produk yang terjamin, mudah didapat dengan harga yang terjangkau.

Selain itu Konimex juga sangat inovatif dalam mengembangkan produk-produknya. Perusahaan inilah yang pertama kali memperkenalkan obat dalam kemasan catch-cover isi 4 tablet, obat sirup bebas gula dan bebas alkohol, vitamin bentuk effervescent, dan obat tetes mata sekali pakai. Selain produk obat, Konimex juga memiliki produk suplemen kesehatan, kembang gula (confectionery) dan makanan ringan.

Suyudi, yang ditunjuk Konimex selaku Marketing Director Indocare, mengatakan, “Kami sangat antusias untuk meneruskan kiprah bisnis Multicare. Kami yakin dapat berbuat banyak pada Multicare sehingga akan menjadikannya makin kuat di peta industri MLM Indonesia”.

Serah terima Multicare secara simbolis dari pemilik lama ke pemilik baru sengaja dilakukan di acara konvensi karena acara ini merupakan perayaan ulang tahun Multicare yang dihadiri oleh sebagian besar mitra bisnis Multicare dari penjuru Indonesia. Di acara ini pula diberikan penghargaan kepada mitra-mitra bisnis yang berprestasi serta disosialisasikan tema ulang tahun kali ini yaitu: 30 Years Multicare, In Pursuit of Excellence. (qin)

Artikel yang Serupa

Top