Kamu ada di
Home > Opini > KAMU MAHASISWA BARU? IKUTI TIPS BELAJAR EFEKTIF BERIKUT INI!

KAMU MAHASISWA BARU? IKUTI TIPS BELAJAR EFEKTIF BERIKUT INI!

Pernahkah kamu merasa tidak konsen saat mengikuti materi perkuliahan? Apa alasannya? Pasti hampir semua orang pernah merasa bosen mendengarkan materi dari dosen atau pengajar, entah itu karena mengantuk, belum siap untuk belajar, atau bahkan tidak menyukai materi tersebut. Tapi, itu semua bukan menjadi alasan bagi kita untuk bermalas-malasan dalam belajar. Jika kita terus seperti itu, bagaimana kita bisa mendapatkan IPK sesuai yang kita harapkan? Karena nilai IPK adalah salah satu syarat untuk melanjutkan ke tahap semester selanjutnya dalam bangku perkuliahan. Jika kita mendapatkan nilai IPK di bawah ketentuan, itu artinya kita harus mengulang pelajaran tersebut di semester selanjutnya. Bukankah itu menjadi sesuatu yang sangat ditakuti oleh setiap mahasiswa? Artinya kita pun harus merogoh kocek (membayar uang kuliah lagi, red) untuk sesuatu yang seharusnya sudah bisa kita tuntaskan. Oleh karena itu, ada beberapa cara agar kita dapat memahami materi yang diberikan oleh dosen tanpa adanya rasa bosan atau jenuh, diantaranya:

  1. Berdoalah sebelum memulai perkuliahan
  2. Sebelum masuk kuliah keesokan harinya, kita harus membaca materi lebih awal agar kita setidaknya tahu apa yang akan diberikan dosen.
  3. Menyukai mata kuliah tersebut. Karena jika dari awal kita sudah tidak menyukainya, apapun yang disampaikan dosen tidak akan menarik bagi kita.
  4. Tidak harus mencatat semua materi yang dosen sampaikan. Artinya cukup menulis materi yang sekiranya kita tidak paham kemudian kita pelajari lagi setelah perkuliahan selessai.
  5. Harus menjadi mahasiswa yang aktif. Jangan pernah merasa takut atau malu untuk bertanya.
  6. Membuat rangkuman dari mata kuliah tersebut.
  7. Jangan pernah menunda tugas yang diberikan oleh dosen.
  8. Rajin-rajinlah membaca buku entah itu fiksi atau nonfiksi.

Itulah beberapa cara belajar efektif yang dapat kita lakukan dalam perkuliahan. Inget, lakukanlah dengan sebaik mungkin. Semoga berhasil.

 

 

Opini ditulis oleh Ade Nurseha, Mahasiswi STEI SEBI Semester 1

Senin, 24  September 2018

Artikel yang Serupa

Top