Kamu ada di
Home > News > UPACARA PENURUNAN BENDERA DI PUNCAK SOSOK

UPACARA PENURUNAN BENDERA DI PUNCAK SOSOK

Persembahan Kemerdekaan Bagi Indonesia sebagai Tuan Rumah Asian Games 2018

YOGYAKARTA – Dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia ke-73 dan ikut menyukseskan gelaran Asian Games ke-18, lebih dari 40 komunitas sepeda di Yogyakarta akan menggelar Upacara Penurunan Bendera di Puncak Sosok yang berlokasi di Dusun Jambon, Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (https://goo.gl/maps/aJNsKZECj3y).

Upacara penurunan bendera 17 Agustus 2018 ini, adalah puncak dari kegiatan bertajuk “Semarak Merah Putih Puncak Sosok”. Sebelumnya, dua kegiatan penting lainnya juga digelar yaitu Ngetrack Bareng dengan menjajal track dari Puncak Sosok menuju Gebang Bike Park mulai jam 13:00 WIB, dan Gathering Komunitas Sepeda mulai jam 15:00 WIB.

Besarnya antusiasme pesepeda membuat sejumlah komunitas sepeda dari luar Yogyakarta juga akan bergabung dalam acara ini, seperti pesepeda dari Wonosobo dan Banjarnegara. Komunitas sepeda dari kota lainnya juga telah menyatakan kesediaannya untuk hadir.

Upacara juga akan dilakukan secara partisipatif antara komunitas sepeda, warga dan pemerintah desa Bawuran, serta mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN). Meski diinisiasi oleh pesepeda, namun upacara penurunan bendera ini terbuka untuk umum sehingga pengunjung Puncak Sosok juga bisa ikut berpartisipasi. Bahkan pengunjung akan semakin dimanjakan dengan kecantikan upacara penurunan bendera saat matahari tenggelam (sunset).

Puncak Sosok dikenal warga masyarakat Yogyakarta sebagai obyek wisata untuk menikmati matahari tenggelam (sunset) dan juga merupakan obyek wisata malam terbaru di Yogyakarta. Ini adalah spot foto baru yang Instagrammable dengan background alam dan suasana Jogja dari ketinggian.

1000 Bendera, 150 Meter Kain Merah Putih, dan 18 Merpati

Seribu bendera merah putih diprediksi akan menyelimuti Puncak Sosok. Bendera ini terdiri dari bebagai macam ukuran dan akan dibawa para peserta upacara penurunan bendera. Tak hanya itu, kain merah putih sepanjang 150 meter juga akan dibentangkan selama acara berlangsung.

Setelah upacara selesai, 18 orang perwakilan dari komunitas sepeda akan membawa masing-masing seekor burung merpati. Delapan belas ekor burung merpati ini akan dilepaskan bersama-sama sebagai simbol dukungan atas suksesnya Asian Games.

Angka 18 kali ini sangat spesial karena Asian Games ke-18 jatuh di tahun 2018 di tangan penyelenggara yang istimewa, yaitu Indonesia. Sebelumnya Indonesia juga pernh menjadi tuan rumah Asian Games pada 1962.

Burung merpati melambangkan perdamaian antar bangsa, mengingat pesta olah raga kelas internasional ini diikuti oleh 45 negara di seluruh Asia. (qin)

Artikel yang Serupa

Top