Kamu ada di
Home > News > Taman Pintar Kini Buka Sampai Malam Hari

Taman Pintar Kini Buka Sampai Malam Hari

YOGYAKARTA – Taman Pintar sebagai salah satu ikon wisata edukasi di Kota Yogyakarta senantiasa berupaya melakukan terobosan pelayanan kepada masyarakat, terutama wisatawan yang berkunjung di kawasan Malioboro dan sekitarnya. Menyusul Pasar Beringharjo yang terlebih dahulu buka hingga malam hari, kini Taman Pintar menambah jam layanan hingga pukul 21.00 WIB.

Diresmikan oleh Bapak Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Purwadi, pada tanggal 5 Juni 2017, penambahan jam layanan ini diharapkan akan menambah atraksi wisata pada malam hari  di Kota Yogyakarta. Langkah ini dinilai strategis untuk meningkatkan kunjungan dan lama tinggal wisatawan di Yogyakarta, mengingat banyaknya wisatawan yang memasuki kota Yogyakarta pada sore dan malam hari, serta untuk mendukung pengembangan kawasan Malioboro sebagai jalur pedestrian. Peresmian ini pun dilaksanakan tepat menjelang libur panjang hari Raya Idul Fitri tahun 2018, dimana pengunjung Taman Pintar cukup tinggi.  Dengan dibukanya Taman Pintar pada malam hari juga akan menambah potensi kunjungan ke Taman Pintar, yang kini sudah mencapai rata-rata satu juta per tahun.

Layanan Taman Pintar Buka Malam meliputi area Playground, Perpustakaan, dan Science theater. Area Playground Taman Pintar menyediakan berbagai alat peraga interaktif yang menarik dan menambah pengetahuan bagi pengunjung. Masih di area Playground, Taman Pintar bekerja sama dengan Koperasi Pegawai Taman Pintar juga menghadirkan Tepi Coffee Shop. Fasilitas ini ditujukan untuk menambah kenyamanan pengunjung yang ingin berdiskusi atau sekedar bercengkrama sambil menikmati suguhan kopi dan aneka roti bercita rasa istimewa, namun tetap dengan harga terjangkau. Bagi pengunjung yang ingin menambah pengetahuan melalui buku, Perpustakaan Taman Pintar  menyajikan buku yang sebagian besar bertema sains dan teknologi, baik berupa koleksi umum, ilmu pengetahuan, video ensiklotepi, kamus, dan fiksi. Adapun di Science theater, pengunjung dapat menyaksikan film bertema sains dan teknologi. Semua wahana tersebut didukung dengan berfasilitas free wifi.

Rangkaian acara Peresmian Taman Pintar Buka Malam diawali dengan Talk Show Interaktif ”Serunya Belajar AI”, hasil kerjasama Taman Pintar dengan Laboratorium Riset Sistem Cerdas, Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM. Talk Show ini diikuti oleh pelajar SMA/SMK di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pemanfaatan mesin untuk memecahkan persoalan rumit dengan cara lebih manusiawi. Hal ini dilakukan dengan mengikuti/mencontoh karakteristik dan analogi berpikir dari kecerdasan/inteligensia manusia, kemudian menerapkannya sebagai algoritma yang dikenal oleh komputer. Artificial Intelligence (AI) telah menjadi trend dalam pengembangan berbagai macam software yang digunakan untuk membantu manusia. Dalam kehidupan sehari-hari, AI telah banyak diterapkan dalam berbagai aplikasi, game, maupun perangkat elektronik. Meskipun demikian, masih banyak generasi muda, khususnya remaja yang belum mengetahui pesatnya perkembangan di bidang ini. Oleh karena itu perlu diadakan suatu kegiatan untuk mengenalkan generasi kepada AI. Harapannya, dengan lebih mengenal AI, mereka akan termotivasi untuk memberikan kontribusi bagi bangsa ini dengan mengembangkan software-software cerdas berbasis AI yang dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Rangkaian acara launching ini diakhiri dengan buka bersama bapak Wakil Walikota beserta seluruh pegawai Taman Pintar, peserta Talk Show, dan jamaah Masjid Izul Ilmi di area Playground Taman Pintar.

Taman Pintar Buka Malam ini merupakan bentuk komitmen Taman Pintar untuk terus memberikan layanan fasilitas pendidikan yang terbaik kepada masyarakat. Disamping itu, menjadi bentuk kontribusi Taman Pintar untuk menyemarakkan wisata Kota Yogyakarta di malam hari yang akan berdampak pada peningkatan jumlah kunjungan dan lama tinggal wisatawan di Yogyakarta. Pada akhirnya, kebijakan ini diharapkan dapat berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat di Kota Yogyakarta. (qin)

Artikel yang Serupa

Top