Kamu ada di
Home > News > Pentingnya Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Kepada Generasi Muda

Pentingnya Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Kepada Generasi Muda

Salah satu peserta melakukan sikat gigi massal dalam event DEDICATION 2018 (Foto: Dok. UPN Veteran)

YOGYAKARTA – Gigi dan mulut yang sehat adalah kunci dalam komunikasi sehari –hari, namun di pusat kota Yogyakarta, masih ada daerah yang belum pernah melakukan kegiatan sikat gigi massal. Itu sebabnya, Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta mengadakan aksi sosial DEDICATION (Dental Care for Delight Communication) pada Minggu pagi (29/4/2018) di bawah jembatan baru UGM. Uniknya kegiatan ini dihadiri oleh anak – anak yang bermukim di sekitar Sungai Kalicode.

Aksi ini dimulai dengan edukasi kesehatan gigi dan mulut dilanjutkan dengan sikat gigi massal bekerjasama dengan BEM FKG UGM sebagai penyuluh. Para peserta terlihat senang dan antusias selama kegiatan berlangsung. “Seneng, karena seru dan dapat banyak hadiah, badutnya juga lucu” ujar Carenia Chelsea Putri Aprilia, salah satu peserta dari RT.18 Kelurahan Kotabaru.

Peserta DEDICATION 2018 antusias mengikuti arahan dari Panitia (Foto: Dok. UPN Veteran)

Dalam menghimpun anak – anak di sekitar kalicode, Prodi Ilmu Komunikasi UPN yang bekerjasama dengan P3S Galeih Yudi Setiawan selaku Kepala Sekolah mengatakan bahwa kegiatan edukasi dan sikat gigi massal ini baru pertama kali diadakan selama mereka mengajar di sekitar Kalicode. Ia yakin bahwa acara ini memberikan sumbangsih semangat dan minat belajar anak-anak. Harapannya adalah agar anak – anak di sekitar kalicode sadar akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut.

“Kami sadar bahwa sebagai mahasiswa selain menuntut ilmu kami juga harus meningkatkan kepedulian terhadap sesama, dan saya berharap teman – teman mahasiswa di universitas lain juga mengadakan kegiatan sosial sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat,” ujar Amanda Aulia Rachman selaku Ketua Panitia DEDICATION 2018.

Sebelum aksi sosial DEDICATION, pihak prodi juga telah mengadakan kampanye “One Smile for Another Smile” di Sunmor Yogyakarta pada Minggu 8 April kemarin. Kampanye yang dilakukan berupa pengumpulan donasi minimal Rp 5.000 rupiah untuk ditukarkan dengan sikat gigi dan pasta gigi bagi anak – anak di sekitar Sungai Kalicode.

Sebagai bentuk apresiasi bagi para donatur, panitia memberikan gelang, stiker, dan dipublikasikan di akun Instagram @dedication.2018. “Alhamdulillah dapat respon dan dukungan yang positif ya dari masyarakat jogja, sehingga kami berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 618.000” ujar Amanda lagi. (qin)

Artikel yang Serupa

Top