Kamu ada di
Home > News > Songsong Bulan Ramadhan, Minggiran Bazar Siap Digelar Kembali

Songsong Bulan Ramadhan, Minggiran Bazar Siap Digelar Kembali

YOGYAKARTA – Menyongsong datangnya bulan Ramadan 1439 H, Muda-mudi Masjid Al Falaah Minggiran Yogyakarta akan kembali menggelar event bazar yang melibatkan seluruh komponen masyarakat Kampung Minggiran. Minggiran Bazar nantinya akan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 6 Mei 2018, dengan mengambil lokasi di sepanjang jalan protokol Minggiran. Kegiatan dengan tema “Bersatu Untuk Kesejahteraan Umat” ini menurut rencana akan dibuka oleh Walikota Yogyakarta, Drs H Haryadi Suyuti.

Kepada awak media Koordinator acara Tantri Anggraeni mengatakan, setelah membuka event ini, Walikota Yogyakarta rencananya akan melakukan kunjungan ke sejumlah stand UMKM potensi warga Kampung Minggiran yang berjumlah 53 stand. Acara ini juga akan diisi dengan pembelian sembako murah sebanyak 350 sembako dengan kupon, pemeriksaan kesehatan, cek kolestrol dan gula darah gratis bagi masyarakat yang disiapkan untuk 100 orang. Event ini juga akan dimeriahkan gelar potensi kesenian yang dilaksanakan dari sore hingga malam hari, dengan puncak acara menampilkan kelompok nasyid Reggaebana dan pengajian akbar dengan pembicara ustad Drs Jumali Nur Ridho.

“Kegiatan ini juga sejalan dengan program gandeng gendong yang diluncurkan oleh Pemerintah Kota pada bulan April 2018 lalu, sebagai bentuk langkah kongkrit dari Segoro Amarto,” katanya.

Dijelaskan, bahwa kata ‘gandeng’ bermakna semua elemen masyarakat saling bergandengan tangan dengan niat saling membantu agar semua pihak dapat maju bersama. Sedangkan ‘gendong’ memiliki makna bahwa masyarakat membantu warga lain yang tidak mampu, sesuai pernyataan Pemerintah Kota bahwa yang lemah kita gendong, yang terpinggirkan ditarik ke tengah agar bisa berjalan bersama.

Konsep ‘gandeng gendong’ ini bisa diterapkan di seluruh aspek pembangunan mulai dari pembangunan di bidang ekonomi, pengentasan kemiskinan, hingga pemberdayaan pelaku usaha kecil. Muda-mudi Masjid Al-Falaah dan masyarakat Kampung Minggiran berkolaborasi dengan berbagai komponen untuk menggelar event yang bertujuan untuk menunjukan potensi usaha UMKM yang ada di Kampung Minggiran.

Ketua Takmir Masjid Al-Falaah menambahkan Drs Rokhmat Akt MM mendukung sepenuhnya kegiatan positif yang dilakukan oleh muda-mudi Minggiran, yang diharapkan mampu menggerakan seluruh komponen masyarakat RT,RW, serta organisasi masyarakat lainnya untuk saling menggandeng dan menggendong menuju kesejahteraan bersama. (qin)

Artikel yang Serupa

Top