Kamu ada di
Home > News > Sejumlah Kampung di Yogyakarta Raih Penghargaan Si Pantib Award 2018

Sejumlah Kampung di Yogyakarta Raih Penghargaan Si Pantib Award 2018

Wakil Walikota Heroe Poerwadi menyerahkan penghargaan kepada salah satu pemenang “Si Pantib Awards 2018”

YOGYAKARTA – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Yogyakarta memberikan penghargaan yang diberi nama ‘Si Pantib Award’. Sebanyak Sembilan dari 50 kampung Panca Tertib di Kota Yogyakarta berhasil meraih penghargaan Si Pantib Award dengan ketegori yang berbeda-beda.

Kepala Sat Pol PP Nurwidi Hartana melaporkan, kegiatan Si Pantib Award ini merupakan pertama kali dilakukan semenjak ditetapkannya Perda Nomor 22 Tahun 2015 tentang Gerakan Kampung Panca Tertib dan terbentuknya 50 Kampung Panca Tertib.

Kegiatan itu menurutnya merupakan bentuk apresiasi kepada kampung-kampung yang telah mendeklarasikan diri mereka untuk menjaga lima jenis ketertiban yakni tertib daerah milik jalan, lingkungan, usaha, bangunan, dan sosial.

Nurwidi menambahkan penghargaan Si Pantib kali ini diberikan kepada sembilan kampung dengan sembilan kategori berbeda. Kategori kampung panca tertib pada tertib Daerah Milik Jalan diraih oleh kampung Kepatihan Kelurahan Purwokinanti. Penghargaan kampung panca tertib pada Tertib Usaha disabet kampung Bangirejo Kelurahan Karangwaru dan tertib pada Bangunan  diraih oleh kampung Gendeng Kelurahan Baciro. Sedangkan Kampung Tejokusuman kelurahan Notoprajan meraih kategori tertib pada Lingkungan, dan kategori Tertib Sosial diraih oleh kampung Ngampilan Kelurahan Ngampilan.

Selanjutnya, kategori kampung panca tertib dengan Pelaksanaan Jam Belajar Masyarakat terbaik jatuh pada kampung  Cokrokusuman kelurahan Cokrodiningratan, serta kampung Ledok Tukangan kelurahan Tegal Panggung dinobatkan sebagai kampung tertib Administrasi Kependudukan.  Dalam kategori lain, Kampung  Gedongan kelurahan Purbayan  menyabet  penghargaan sebagai kampung  dengan Pengelolaan Limbah Rumah Tangga terbaik.

Wakil Walikota Yogyakarta, Drs. Heroe Poerwadi, MA sangat mengapresiasi kegiatan pemberian penghargaan Si Pantib kepada kampung-kampung yang ada di Kota Yogyakarta berkat kontribusinya yang telah membangun kesadaran bersama untuk berperilaku tertib.  Dirinya berharap penghargaan ini dapat memberi dampak positif untuk kampung lain untuk memacu mereka mengikutinya, minimal dengan mencontoh kampung-kampung yang telah berhasil, sekaligus memberi motivasi bagi kampung yang telah berhasil tersebut agar lebih baik lagi dalam membanguan ketertiban di kampungnya.

“Kami  berharap dengan awarding ini, penghargaan ini dapat dijadikan acuan, atau memberikan sentuhan dan sentilan agar kita mampu terus meningkatkan diri, agar lingkungan kita betul betul semakin lebih baik lagi,” ujar Heroe Poerwadi di depan ratusan warga yang berkumpul di halaman Taman Air Mancur  Balaikota Yogyakarta, Jumat, (15/03/2018) malam.

Ditambahkan, Kota Yogyakarta sudah   sudah memiliki  50 kampung Panca Tertib. Heroe berharap jumlahnya akan terus bertamabah ke depannya. “Kita harapkan bisa seluruh kampung di Jogja bahu membahu menjaga lingkungan kita yang nyaman, aman dan tertib,” tambahnya. (@mix/qin)

Artikel yang Serupa

Top