Kamu ada di
Home > News > Peringati HUT KE-46 KORPRI, Wawali: KORPRI Harus Jadi Perekat Persatuan Bangsa

Peringati HUT KE-46 KORPRI, Wawali: KORPRI Harus Jadi Perekat Persatuan Bangsa

Pegawai Pemkot Yogyakarta menerima hadiah dari Wawali Heroe Poerwadi  (Foto: Dok. Pemkot Yogyakarta)

YOGYAKARTA – Hari Ulang Tahun Ke-46 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) yang jatuh pada 29 November 2017 turut diperingati karyawan Aparatur Sipil Negara (ASN)  di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta. Bertempat di ruang Grha Pandawa Balaikota Yogyakarta, Wakil Walikota Heroe Poerwadi didapuk sebagai Inspektur upacara.  Kesempatan tersebut juga diperingati sebagai perayaan Hari Kesehatan Nasional ke-53.

Heroe mengatakan, sejak pertama kali berdiri, KORPRI merupakan satu-satunya wadah non kedinasan bagi Pegawai Republik Indonesia selalu berupaya terus menerus dalam meneguhkan fungsinya sebagai perekat dan pemersatu bangsa, menjaga netralitas, dan hanya berkomitmen tegak lurus terhadap kepentingan bangsa dan negara.

“Sejalan dengan berlakunya Undang-Undang Aparatur Sipil Negara, KORPRI harus siap bertransformasi menjadi bagian integral dari pemerintahan yang berperan menjaga kode etik dan standar profesi, mewujudkan jiwa korps sebagai pemersatu bangsa, memberikan perlindungan hukum, serta mengemban kesejahteraan anggota,” tegas Heroe.

Adapun tema Hari KORPRI tahun 2017 ini adalah “46 Tahun KORPRI Kerja Bersama, Setia Sepanjang Masa”. Tema besar ini dijabarkan kedalam subtema yakni 1) Mewujudkan jiwa korsa KORPRI sebagai perekat pemersatu bangsa, 2) KORPRI siap bekerja bersama dengan segenap komponen bangsa guna menjaga stabilitas negara, 3) KORPRI Siap mewujudkan kesejahteraan anggota dan Masyarakat.

Heroe menambahkan, peringatan HUT KORPRI Ke-46 Tahun 2017 ini bertujuan  memantapkan fungsi organisasi KORPRI sebagai perekat persatuan bangsa;  Memantapkan netralitas seluruh anggota terutama menghadapi Pemilukada serentak, meningkatkan semangat profesionalitas seluruh PNS, mengajak anggota KORPRI di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kinerja terutama di bidang pelayanan publik dan meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani, meningkatkan kepedulian sosial dan lingkungan dalam bentuk kegiatan olahraga, bakti sosial, penghijauan, pembinaan mental dan rohani.

Beberapa kegiatan digelar untuk memeriahkan HUT KORPRI ke-46. Seperti diantaranya Lomba MTQ ASN Pemerintah Kota Yogyakarta, Lomba Pesparawi (Pesta Paduan Suara Gerejawi)  antar ASN  Pemerintah Kota Yogyakarta, Lomba Permainan Tradisional antar OPD, dan Lomba Memasak Bakmi Jawa bertajuk Happy Cooking di Alun Alun Selatan Yogyakarta bersama masyarakat.

Melalui berbagai kegiatan tersebut, Wakil Walikota berharap kiprah KORPRI Kota Yogyakarta semakin nyata dirasakan dalam memupuk kebersamaan dan etos budaya kerja yang tinggi, dan diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan para anggotanya.

Selain HUT KORPRI ke-46, momentum tersebut juga bersamaan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53, dengan bertemakan “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”. Tema ini dianggap sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga yang menekankan keluarga sebagai bagian penting dalam mendorong masyarakat yang  mandiri untuk hidup sehat.

“Oleh karena itu, kita perlu terus berupaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat mulai dari lingkungan keluarga,” ujar Heroe Poerwadi.

Beberapa kegiatan yang sudah digelar untuk memeriahkan HKN diantaranya, Lomba Bidang Kesehatan, antara lain Lomba Gerakan Sayang Ibu, Lomba Kelurahan Siaga, Lomba PHBS, Donor Darah, Kegiatan Sapa Sehat di tiap Kecamatan, Karnal Kesehatan, dan Deklarasi GERMAS. Heroe pun mengharapkan beragam kegiatan tersebut mampu menjadi media kampanye kepada masyarakat, serta menjadikan kesehatan sebagai investasi paling berharga bagi mereka. (@mix/qin)

Terima kasih untuk berbagi berita di :

Artikel yang Serupa

Top