Kamu ada di
Home > News > Pasar Malam Perayaan Sekaten Resmi Digelar Hari Ini Hingga 20 Hari Mendatang

Pasar Malam Perayaan Sekaten Resmi Digelar Hari Ini Hingga 20 Hari Mendatang

Yogyakarta – Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) 2017 resmi dibuka pada Jumat (10/11/2017).

Pembukaan PMPS 2017 dilakukan secara simbolis oleh Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X dan Wakil Walikota Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi dengan menabung gong.

Berbagai acara religi, kebudayaan, dan ekonomi kerakyatan resmi dibuka hari ini dengan harapan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Yogyakarta.

Sekaten akan digelar mulai 10 November hingga 30 November 2017 ini dengan menyongsong tema ‘Harmoni Religi, Budaya, dan Ekonomi’. Hal ini dengan harapan menjadi wujud perpaduan dari aspek religi, budaya, dan ekonomi.

“Sekaten merupakan refleksi perpaduan antara religiusitas dan budaya,” ujar Heroe pada pembukaan.

Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X mengatakan, PMPS merupakan wujud perpaduan budaya Jawa dan Islam. Selain itu, Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X mendorong agar permainan-permainan tradisional untuk kembali dihidupkan pada tahun ini.

“Permainan-permainan yang dulu bernuansa ada adanya digantikan permainan-permainan modern. Ke depan agar ada upaya di masukan lagi,” ujar  Sri Paduka Paku Alam X.

Sekaten merupakan acara tahunan yang diselenggarakan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Dalam hal ini Sekaten diadakan setiap tanggal 5 Maulud pada Kalender Jawa atau Rabiul Awal pada tahun Hijriah.

Kata Sekaten berasal dari kata Syahadatain dengan arti dua kalimat syahadat. Pangeran Mangkubumi atau Sri Sultan Hamengkubuwono I yang pertama kali mengadakan acara Sekaten ini yang saat ini menjadi acara tahunan masyarakat Yogyakarta. Pada awalnya acara Sekaten diadakan untuk menarik perhatian agar masyarakat lebih mengenal Islam.

Namun di era modernisasi ini, Sekaten menjadikan pertumbuhan dari perpaduan segi religi, budaya dan ekonomi.

Hingga resmi dibuka sebanyak 466 stan yang telah terisi dari total 486 stan yang tersedia yang diharapkan pemerintah Kota Yogyakarta menargetkan pendapatan hingga Rp. 1 miliar.

“Tadi siang sudah masuk uang sebesar 900 juta. PMPS jangan sampai kehilangan perhatian dan tetap menjadi agenda masyarakat untuk pertumbuhan gerak ekonomi Kota Yogyakarta,” ujar Heroe pada Jumat (10/11/2017).

Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta telah menutup beberapa jalan menuju Alun-alun Utara agar tidak terjadi kemacetan. Di antaranya yang dilakukan adalah penutupan di Simpang Tiga Mantrigawen Wijilan ke arah Timur.

Sedangkan pada barat Alun-alun Utara dilakukan penutupan mulai Simpang Empat Jalan Kauman. Hal ini penutupan dilakukan mulai pukul 16.00 hingga 22.00 WIB selama Sekaten berlangsung.

Sekaten ini pastinya ada banyak acara lainya yang pasti tak akan membuat  Anda terasa sepi. Hal ini Sekaten merupakan tempat berkumpulnya masyarakat Yogyakarta yang berasal dari seluruh Bangsa Indonesia, bahkan beberapa mancanegara juga larut dalam sekatan ini. (Kevin Prasetyo, 2017)

#lombareportasespj2017

Catatan: editing koma/spasi.

Terima kasih untuk berbagi berita di :

Artikel yang Serupa

Top