Kamu ada di
Home > News > Angkat Kisah Nabi Nuh, Pemuda Gerselo Juarai Lomba Takbir

Angkat Kisah Nabi Nuh, Pemuda Gerselo Juarai Lomba Takbir

BANTUL – Pemuda Gerselo Patalan Jetis Bantul akhirnya memboyong piala juara pada festival takbir yang diadakan Pemerintah Desa Patalan dan Angkatan Muda Muhammadiyah Kota Yogyakarta pada tahun 2017. Dengan apik, kisah Nabi Nuh As dibawakan secara atraktif dengan kapal dan ‘ombak’ sepanjang 10 meter.

Setelah vakum cukup lama, Pemuda Gerselo akhirnya bangkit dan mengikuti lomba takbir yang diselenggarakan Pemerintah Desa Patalan dan lomba takbir yang diadakan Angkatan Muda Muhammadiyah Kota Yogyakarta. Dengan waktu persiapan yang cukup singkat yakni sekitar 3 bulan, Ikatan Muda Mudi Gerselo (IMAGE) memberanikan diri untuk mengikuti perlombaan.

“Ya awalnya kita nyoba aja, udah beberapa tahun nggak ikut lomba. Dulu terakhir ikut lomba waktu usiaku masih SD, dan sekarang pengen ikut lagi. Mumpung pihak desa mengadakan dan warga mendukung kita, jadi kita satukan niat untuk ikut lomba. Dua perlombaan sekaligus, tingkat desa dan Jogja,” ujar Rafi selaku ketua panitia (4/9).

Tim Kreatif IMAGE melibatkan berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, pemuda, hingga orang tua untuk terlibat dalam kegiatan ini. Konsep atraksi yang diangkat oleh IMAGE dikatakan cukup unik dengan mengangkat kisah perjuangan Nabi Nuh AS saat berdakwah.

“Awalnya ada berbagai alternative tema, mulai dari kisah Dewi Sri, penyerangan Ka’bah oleh Pasukan Gajah, kisah Nabi Ibrahim, dan lain-lain. Tapi akhirnya kami putuskan angkat Kisah Nabi Nuh dengan mascot berupa kapal yang dibuat secara gotong royong oleh warga. Kita juga coba membentuk ombak dengan bentangan kain sepanjang 10 meter,” tutur Desi selaku anggota Tim Kreatif (4/9).

Kisah tersebut diharapkan dapat mengingatkan kita untuk senantiasa beriman pada Allah SWT, serta untuk berbakti pada orang tua. Kan’an menjadi contoh yang tidak patut ditiru karena perbuatan buruk kepada ayahandanya, Nabi Nuh. Kan’an diperankan oleh Riki, dan Nur Rohman sebagai Nabi Nuh.

Dalam penampilannya, IMAGE membentuk enam pasukan yang terdiri dari anak-anak, putrid kipas, pasukan Kan’an (anak Nabi Nuh), pasukan bendera, pasukan musik, dan umat Nabi Nuh yang tengah menaiki mascot berupa kapal beserta gulungan ombak.  Perjuangan keras para pemuda berbuah manis, tatkala IMAGE berhasil memenangkan juara 3 lomba takbir tingkat Desa Patalan pada 30 Agustus 2017, dan juara 3 kategori Kostum Terbaik yang diselenggarakan AMM DIY pada 3 September 2017. Proses ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk mengasahkreativitas dan mengukuhkan kekompakan Pemuda Gerselo kedepannya.

Denny Taruma Primananda

SMAN 1 Pundong

#lombareportasespj2017

Catatan: editing tanda koma/spasi.

Terima kasih untuk berbagi berita di :

Artikel yang Serupa

Top