Kamu ada di
Home > News > TINGGI ANTUSIASME PELAJAR DI KONTES ROBOT PINTAR YOGYAKARTA (KPRY) 2017

TINGGI ANTUSIASME PELAJAR DI KONTES ROBOT PINTAR YOGYAKARTA (KPRY) 2017

YOGYAKARTA – Kegiatan tahunan kontes robotik pelajar “Kontes Robot Pintar Yogyakarta(KRPY) tahun ke-10 kembali digelar Taman Pintar pada   4 – 5 November 2017 di Phytagoras Hall, Gedung Kotak lantai 1 Taman Pintar. Antusiasme pelajar dalam mengikuti KRPY sangat terasa dengan meningkatnya jumlah peserta tahun ini sebanyak 265 tim (1 tim terdiri dari 3 siswa dan 1 guru pembimbing), dari peserta tahun lalu yang berjumlah 211 tim. Selain berasal dari berbagai kota di  DI. Yogyakarta dan Jawa Tengah, peserta KRPY tahun ini juga datang dari Bekasi, demikian kata Afia Rosdiana Kepala Bidang Taman Pitar Yogyakarta dalam rilisnya kepada SPJ (3/11/2017).

Pada acara ini ada lima kategori yang dilombakan pada KRPY 2017 :

  1. Kategori A (Senior) = 82 tim

Pertandingan robot beroda untuk meniti garis (Line Follower Robot/LFR) dan pemadam api dengan konstruksi automatisasi tanpa mikrokontroler bagi peserta dari pelajar SMA/SMK atau sederajat, pada tahun 2017 kategori ini dimungkinkan bagi peserta SMP yang mampu dan berminat.

  1. Kategori B (Yunior) = 41 tim

Pertandingan robot beroda untuk penjejak cahaya (Light Surveillance Robot/LSR) dan pemadam api dengan konstruksi manual tanpa mikrokontroler bagi peserta dari pelajar SMP atau sederajat.

  1. Kategori C (Expert) = 23 tim

Pertandingan robot beroda untuk meniti garis (Line Follower Robot/LFR) dengan konstrusi menggunakan mikrokontroler yang diprogram untuk menyusuri labirin (maze) dengan beberapa tantangan di dalamnya bagi pelajar SMA/SMK sederajat.

Pelajar SMP atau sederajat boleh mengikuti Kategori C (Expert) dengan syarat telah mengikuti/terdaftar di Kategori B (Yunior).

  1. Kategori D – Robot Yudha (Umum) = 41 tim

Pertandingan robot beroda kendali cahaya dengan sistem saling dorong antar robot hingga keluar arena, bagi pelajar SD, SMP, dan SMA/K sederajat.

  1. Kategori E (Sekolah Dasar) = 78 tim

Pertandingan robot yang diperintah melalui sebuah pengendali jarak jauh untuk mengumpulkan bola bertanda yang sesuai dengan soal perhitungan tertentu. Kategori ini dikhususkan bagi peserta dari pelajar SD atau sederajat.

“Pada Kontes Robot Pintar Yogyakarta” (KRPY) 2017 ini memperebutkan trophy tetap KRPY dari Walikota Yogyakarta. Tersedia juga beragam hadiah menarik dari Taman Pintar untuk para pemenang,” kata Rosdiana.

Sebelum hari penyelenggaraan kontes robotik ini, seluruh tim peserta telah melalui tahap-tahap kegiatan seperti kegiatan Workshop Robotik pada 26 Juli 2017, yang ditujukan bagi guru pendamping dan siswa dari setiap sekolah yang mengirimkan timnya untuk mengikuti Kontes Robotik.  Dimana pada kesempatan ini juga dilakukan sosialisasi dan perumusan regulasi kontes. Dilanjutkan dengan periode Pelatihan Robotik pada 5 Agustus 2017 – 29 Oktober 2017 khusus bagi siswa-siswi peserta Kontes Robotik yang telah mendaftarkan diri. Uji lintasan dilakukan pada 31 Oktober 2017 dan 1 Nopember 2017. Robot hasil karya peserta dipresentasikan di hadapan Dewan Juri pada 1 Nopember 2017. Technical meeting bagi seluruh peserta kontes, diselenggarakan pada 2 Nopember 2017, dan kemudian seluruh robot diwajibkan untuk karantina paling lambat tanggal 3 Nopember 2017 pukul 16.00 WIB.

Dalam penyelenggaraan kontes robotik yang digelar tahunan ini, Taman Pintar berupaya untuk selalu meningkatkan kuantitas peserta maupun kualitas lomba agar tercipta peningkatan pemahaman akan keilmuan robotik di kalangan generasi muda, sehingga sejalan dan mendukung kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. (Qin)

Terima kasih untuk berbagi berita di :

Artikel yang Serupa

Top