Kamu ada di
Home > News > Jadikan Film Pendek Kebudayaan Sebagai Media Tontonan Yang Mendidik

Jadikan Film Pendek Kebudayaan Sebagai Media Tontonan Yang Mendidik

BANTUL – Dinas Kebudayaan DIY kembali menggelar Pemutaran Film Di Desa, Sabtu (23/9), tepatnya di Dusun Wanujoyo Lor Srimartani Piyungan. Turut hadir Kasie Perfilman Disbud DIY Dra. Sri Eka Kusumaningayu, dan Komisi D Bidang Kebudayaan DPRD DIY Drs. Yose Rizal SH.

Dalam kesempatan tersebut diputar film produksi Dinas Kebudayaan DIY seperti, ‘Jenang Keju’, ‘Boncengan’, ‘Incang-inceng’, ‘Prajurit Berbudaya’, dan ‘Munggah Kaji’.

Menurut Dra. Sri Eka Kusumaningayu, kegiatan ini merupakan wadah apresiasi film produksi Dinas Kebudayaan DIY, kepada masyarakat.

“Agar produk film dari Dinas Kebudayaan DIY, yang dibuat oleh para sineas di Yogyakarta ini, bisa dinikmati masyarakat juga di seleruh DIY,” jelas Sri Eka.

Sementara itu, Yose Rizal memaparkan bahwa penting untuk melakukan terobosan dalam bidang kebudayaan di era digital ini, salah satunya melalui dunia perfilman.

“Kita sudah terbiasa menonton FTV dan sinetron di televisi, temanya biasanya cinta, nah ini film tentang kebudayaan di Yogyakarta, merupakan wadah dokumentasi keistimewaan Yogyakarta, semoga bisa diapresiaso sebagai tontonan yang mendidik, bermutu, bisa menjadi tuntunan masyarakat untuk menjadi lebih baik.

Kegiatan pemutaran ini sendiri berkolaborasi dengan Karang taruna Dusun Wanujaya Lor, dimana juga menampilkan pentas seni tari dari sanggar setempat. (nul)

Terima kasih untuk berbagi berita di :

Artikel yang Serupa

Top