Kamu ada di
Home > News > Tantang Generasi Muda, Balai Tani Hadir Kenalkan Produk Lokal Indonesia

Tantang Generasi Muda, Balai Tani Hadir Kenalkan Produk Lokal Indonesia

YOGYAKARTA – Balai Tani hadir ditengah–tengah acara tahunan bertajuk “Welcoming Expo 2017–Fantastic Tropical Series” yang diprakarsai oleh mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi, UIN Yogyakarta. Stand Balai Tani hadir dari tanggal 18-20sepetember 2017 berlokasi di taman Fakultas Ilmu Sosial Humaniora.

Berbekal berbagai macam produk buah dan sayur segar dari petani lokal serta produk-produk  artisan, Balai Tani berupaya mengajak kalangan mahasiswa untuk lebih dekat dan tertarik dengan produk petani lokal.

Diungkapkan oleh M. Iqbal Ramadhan, selaku salah satu founder sekaligus Chief Executive Officer dari Balai Tani di Yogyakarta, Kamis (21/09). Produk artisan yang tidak hanya unggul dari segi kualitas namun juga kemasan menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk menarik anak muda melirik kembali produk buatan tangan yang diolah dari buah dan sayur yang dihasilkan oleh para petani lokal kita. Adapun produk artisan yang masuk dalam display Balai Tani saat itu adalah Kopi Menoreh Pak Rohmat, mycuppatea, produk artisan dari Kebun Kita, dan produk artisan dari Jogja Organik.

“Saat ini rata-rata masyarakat yang berprofesi sebagai petani sudah memasuki usia lanjut, dengan kata lain bila tidak ada generasi muda yang mau meneruskan profesi ini maka bisa saja kedepannya kita akan mendapati “krisis generasi petani,” jelas Iqbal.

Kekhawatiran tersebut membawa Balai Tani untuk terus mencoba mengenalkan pertanian pada anak muda agar tidak hanya membeli namun juga berminat untuk bertani. Selain berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, Balai Tani turut menjadi sarana media untuk kolaborasi pertanian.

“Balai Tani melalui Balaitani.com mencoba menjadi sarana dan media komunikasi bagi para petani yang akan atau baru saja melewati musim panen dan hendak memasarkan produk buah dan sayur yang mereka hasilkan”, tandas Iqbal. (des)

Kontributor, Gita Novia Putri

Mahsiswi Ilmu Komunikasi UIN Yogyakarta

Terima kasih untuk berbagi berita di :

Artikel yang Serupa

Top