Anda berada di
Beranda > News > Wow Keren… Baru Ini PPSMB UGM Dimeriahkan The Jupiters

Wow Keren… Baru Ini PPSMB UGM Dimeriahkan The Jupiters

 

[Foto: Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat memberikan merchandise berupa miniatur pesawat kepada mahasiswa perwakilan dari luar jawa, pada acara pembukaan PPSMB UGM, Senin 7/8 di Lapangan Kampus UGM]
Sleman – Dihadapan 9000-an Mahasiswa baru, The Jupiters yang merupakan kebanggaan Indonesia tampil memukau dalam pembukaan Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Senin 7/8, Bertempat di Lapangan Kampus UGM Bulaksumur Bulaksumur Yogyakarta.

Tampilnya The Jupiters merupakan kali pertama dalam sepanjang lahirnya kampus tertua di Indonesia. Members Jupiter Aerobatic Team yang ikut memeriahkan event pembukaan mahasiswa baru tersebut diantaranya Jupiter 1 sekaligus Leader Letkol Pnb HM. Kisha “Razor”, Jupiter 2 Mayor Pnb Idham “Godham” Satria, Jupiter 3 Mayor Pnb  Ferdinan “ Corbye” Habibi, Jupiter 4 Mayor Pnb Iwan “Gobang” Setiawan, Jupiter 5 Letkol Pnb Marchellinus ”liger” Dirgantara  dan Jupiters 6 Letkol Pnb Frando “Fannex” Marpaung.

Unjuk kebolehan yang pertama kali tersebut menampilkan 13 manuver dari The Jupiters yaitu Jupiter Roll, Arrow head Lop, Twin Half Cuban, Tango to Diamond, Mirrow, Screw Roll, Heart, Roll Slide, Solo Spin, Five caerds Loop, leader Benefit Roll Back dan Dive Bomb-Burst.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebelum tampilnya The Jupiters, memberikan orasi Kebangsaan dihadapan seluruh peserta PPSMB, dan diwakili 7 Mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia diantaranya Papua, NTT, NTB, Medan, Menado, dengan memeberikan pertanyaan “Mengapa bangga dengan Indonesia”? dari masing-masing mahasiwa tersebut memberikan jawaban yang berbeda-beda. Namun salah satu perwakilan dari Menado mengatakan bahwa bangga kepada Indonesia salah satunya adalah karena Indonesia memiliki Jupiters Aerobatik Team yang diawaki oleh TNI AU.
Pada kesempatan itu Kasau memberikan apresiasi kepada para Mahasiswa Baru yang penuh semangat dan antusias dalam mengikuti acara PPSMB UGM. Selain itu Kasau juga memberikan merchandise kepada tujuh mahasiswa baru berupa miniatur pesawat TNI AU dan T-Shirt Jupiters Aerobatic Team usai menjawab pertanyaan.

Tampilnya The Jupiters ini, bikin detak jantung dan juga kagum bagi seluruh peserta dan audiens. Salah satunya justru dari panitia PPSMB UGM bernama Raditya. Menurut pengakuannya  baru pertama kali Raditya melihat secara langsung atraksi dari tim aerobatic milik TNI AU, yang selama ini hanya mereka lihat dari layar televisi. Jupiter Aerobatik istimewa, keren, luar biasa, mengagumkan, dan hebat. Tidak terbayang pesawat bisa tampil dan bermanuver seperti itu, sungguh heran dan geleng kepala, katanya.

Selain tampilnya The Jupiters, juga disuguhi pertunjukan menarik lainnya yaitu atraksi terjun payung dari berbagai angkatan, baik TNI AU, TNI AL maupun Kepolisian. Penerjunan dibagi 3 shortie, masing-masing shortie 15 penerjun sehingga total penerjun 45 dengan membawa berbagai benner, baik dari satuan maupun sponshor yang lainya. Rencananya The Jupiters akan tampil dalam pembukaan Pelatihan dan Pembelajaran Mahasiswa Baru UGM selama dua hari dari tanggal 7-8 Agustus 2017.

Usai Orasi dan tampilnya The Jupiters Kasau langsung menuju Gedung Ghraha Sabha Permana untuk mengadakan kesepakan bersama antara TNI AU dengan UGM di berbagai bidang, baik dalam dunia pendidikan maupun Teknologi. Kejasama atau MoU yang terjalin akan lebih ditingkatkan, sehingga menjadikan ke dua instansi tersebut lebih kuat,  bersinergis dan tetap terjaga, ujarnya.

Sementara Rektor UGM Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng, Dr. M.Eng. Dalam sambutanya mengatakan bahwa Kesepakatan Bersama ini dimaksudkan untuk mewujudkan hubungan yang sinergis, saling menghormati, dan saling mendukung PARA PIHAK dalam memanfaatkan dan mengembangkan Sumber Daya yang dimiliki TNI Angkatan Udara dan Universitas Gadjah Mada pada penyelenggaraan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat berdasarkan prinsip  keadilan serta keseimbangan, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Kesepakatan Bersama ini berlaku untuk jangka waktu selama 5 (lima) tahun, terhitung sejak Kesepakatan Bersama ini ditandatangani, imbuhnya. (ejun)

Artikel Serupa

Ke Atas