Kamu ada di
Home > News > Mahasiswa Asing Belajar Budaya Jawa Melalui Film

Mahasiswa Asing Belajar Budaya Jawa Melalui Film

YOGYAKARTA – Fakultas Film dan Televisi IKJ (FFTV-IKJ) bekerjasama dengan CinemadaMare menggelar kegiatan International Documentary Film Workshop dengan Java: Tradition and Creativity pada 5-16 Juni 2017 di Indonesia, dengan dua kota tujuan yakni Jakarta dan Yogyakarta.

Pada kunjungan di Yogyakarta, para peserta yang merupakan filmmaker asal delapan negara berkumpul di Pendopo Dinas Kebudayaan DIY pada Rabu (7/6/2017). Dengan agenda utama adalah memperkenalkan kegiatan ini. Para peserta diantaranya adalah lulusan sekolah film dari Kolombia, Hongkong, Bulgaria, Portugal, Spanyol, Singapura, Italia, dan Rusia.

Menurut panitia pelaksana Naswan Iskandar, kegiatan ini dapat mengasah kepekaan para filmmaker terhadap budaya yang selalu bisa ditemukan di Jogja ini.

“Melalui kegiatan ini, mereka dapat menemukan pengalaman spiritual tentang Jawa, yang hampir pasti tidak akan hilang dari kepala mereka,” kata Naswan.

Kota Jogja sendiri dipilih, karena Jogja merupakan salah satu representasi budaya Jawa yang masih teramat kental. Sehingga Jogja menjadi kota yang tepat sebagai lokasi pengambilan gambar para filmmaker.

“Memandang Jawa bagi mereka ssma halnya dengan memandang Jogja, di sini hampir tradisi semua kreativitas dan kebudayaan tentang Jawa itu masih ada dan terus dipelihara dan dikembangkan,” tambahnya.

Nantinya, film yang diproduksi dalam kegiatan ini akan diikutkan dalam berbagai festival baik di dalam maupun luar negeri. Sekaligus sebagai salah satu promosi budaya Jawa kepada dunia luas. (qin)

Artikel yang Serupa

Top