Kamu ada di
Home > News > PENTINGNYA KEMANDIRIAAN PEMUDA MELALUI WIRAUSAHA

PENTINGNYA KEMANDIRIAAN PEMUDA MELALUI WIRAUSAHA

YOGYAKARTA – Merintis wirausaha menjadi hal yang perlu dilakukan oleh pemuda sejak dini. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan kemandirian bagi pemuda, sekaligus membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat. Melalui stadium generalnya, KNPI DIY berharap dapat menjadi bagian dari garda terdepan untuk melahirkan entrepreneurship di wilayah.

Kemandirian seseorang merupakan hal yang penting. Salah satu jalan yang dapat dicapai adalah dengan merintis usaha sejak dini. Stadium general pada Rakerda II DPD KNPI DIY masa bhakti 2015-2018 menjadi salah astu forum yang mencoba menyuntikkan semangat wirausaha di kalangan pemuda. Acara yang terlaksana di kantor Dewan Perwakilan Daerah RI di Yogyakarta telah menghadirkan narasumber dari MPI, DPD KNPI DIY, dan DPP KNPI (21/5/2017).

Untuk memantik jiwa wirausaha, Fitroh selaku Ketua DPD KNPI DIY menyampaikan pentingnya berwirausaha untuk kemandirian pemuda. Ia bercerita tentang pengalamannya menjadi pengusaha, dimana sering jatuh bangun. Melalui proses ini beliau bangkit, membangun semangat, mengambil makna, dan membangun usaha baru. Proses ini lah yang harus diperhatikan bagi pemuda dalam rangka mewujudkan kemandirian dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

“Harapannya KNPI tidak hanya berpikir tentang politik, tapi bagaimana KNPI menjadi bagian dari garda terdepan untuk melahirkan entrepreneurship- entrepreneurship baru. Kita harus melakukan perubahan. Sehingga dengan rapat kerja ini dapat menyusun agenda kedepan, sehingga kedepan bisa menjadi penggerak kewirausahaan” ujar Sirajuddin Abdul Wahab selaku Sekjend DPP KNPI (21/5).

Disinilah dapat terlihat bahwa sejatinya pemuda diharapkan mampu menjadi garda terdepan pelopor kemandirian bangsa. Pemuda tidak hanya berpikir tentang politik, tetapi juga harus mampu membangun kemandirian dirinya maupun masyarakat. Inilah salah satu cara yang dapat dilakukan pemuda sebagai agent of change di masyarakat. (dez)

Artikel yang Serupa

Top