Kamu ada di
Home > News > Kadispenau Resmikan Media Center Lanud Adisucipto

Kadispenau Resmikan Media Center Lanud Adisucipto

Kadispenau Marsma TNI Jemi Trisonjaya M. Tr. (Han), saat meresmikan Media Center Lanud Adisucipto, ditandai dengan pemukulan Gong (foto: Dok. Lanud Adisucipto)

SLEMAN – Kadispenau Marsma TNI Jemi Trisonjaya M. Tr. (Han), pada Rabu (24/5/2017) meresmikan media center Lanud Adisucipto di Kantor Pentak (Penerangan dan Perpustakaan). Diresmikannya media center ini adalah suatu upaya untuk mendukung pelaksanaan tugas-tugas Penerangan/Pentak di dalam mentransformasikan informasi kegiatan TNI AU melalui Lanud Adisucipto, baik ke dalam maupun ke luar institusi.

Marsma TNI Jemi Trisonjaya M. Tr. (Han) turut memberikan apresiasi atas berdirinya media center di Lanud Adisucipto, dan berharap momen ini dapat menjadi virus positif bagi satuan lainya di seluruh jajaran TNI AU, untuk bisa ikut mendirikan media center.

“Selain itu keberadaan media center ini dipandang sebagai media yang sangat strategis, khususnya dalam menyampaikan berita yang positif, sehingga mampu meng-counter berita hoax yang sudah merajalela saat ini,” papar Kadispenau.

Kadispenau berharap, keberadaan media center ini membuat TNI AU melalui Lanud Adisucipto bisa memberikan informasi kepada awak media secara benar dan obyektif, dan begitu juga para rekan media agar bisa menerima berita dengan baik. Sehingga benar-benar media center ini bermanfaat baik bagi insan pers juga TNI AU.

Sementara Komandan Lanud Adisucipto Marsma TNI Ir Novyan Samyoga, MM, menyampaikan, sejak berdirinya Lanud Adisucipto, media center ini merupakan yang pertama diresmikan, bahkan satu-satunya media center yang berada di Komando utama (Kotama) atau Satuan TNI AU.

“Disamping itu, diresmikannya media center ini diharapkan menjadi perekat insan jurnalis dengan TNI AU khususnya Lanud Adisucipto,” kata Danlanud.

Menurutnya, keberadaan media center ini ke depan akan jauh lebih efektif ketika bekerjasama dengan rekan-rekan media di Yogyakarta terkait kegiatan TNI AU maupun Lanud Adisucipto. Selain itu Danlanud akan memfasilitasi awak media baik sarana maupun prasarana lainya yang kesemua itu ditujukan untuk mendukung pemberitaan di Lanud Adisucipto.

Adapun media center Lanud Adisucipto ini mempunyai empat fungsi di dalamnya yaitu Media Monitoring, Media Analysis, Perpustakaan dan Press Room. Fasilitas yang tersedia di ruangan Media Center tersebut antara lain : Media Monitoring, digunakan untuk memonitor pemberitaan media elektronik/TV berkaitan dengan kegiatan Lanud Adisucipto, Media Analysis, sebagai sarana memonitor dan menganalisis isi pemberitaan (content analysis) dilengkapi dengan website Lanud Adisucipto, website Dispenau, website Puspen TNI serta aplikasi media sosial baik Twitter, Youtube dan Facebook.

Untuk Perpustakaan, dilengkapi buku-buku TNI AU dan media massa, yang dapat diakses anggota Lanud Adisutipto maupun wartawan serta Press room, dilengkapi dengan telephone, Fax, Komputer dan Printer serta fasilitas Wifi untuk mengirimkan berita melalui internet. Fasilitas Press Room ini dapat digunakan oleh rekan-rekan wartawan untuk membuat berita, baik pada saat meliput kegiatan di Lanud Adisucipto maupun di luar kegiatan sehari-hari.

Kapentak Lanud Adisucipto Mayor Sus Giyanto selaku pimpinan media center berharap, tersedianya sarana dan prasarana media center ini dapat dijadikan sebagai wahana untuk menyerap informasi dari berbagai kalangan, mengolah data dan selanjutnya melakukan analisa dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok Lanud Adisucipto.

“Yang tidak kalah penting adalah sebagai upaya pembangunan opini positif Lanud Adisucipto sehingga dapat terus terpelihara dengan baik,” ujar Kapentak. (qin)

Artikel yang Serupa

Top