Kamu ada di
Home > News > REPLIKA MENARA EIFEL PRANCIS GADIR DI TAMAN PINTAR

REPLIKA MENARA EIFEL PRANCIS GADIR DI TAMAN PINTAR

KOTA YOGYAKARTA – Siapa yang tidak  mengenal Menara  Eifel  di Paris Prancis yang termasyur itu. Tentunya, setiap orang ingin  bepergian kesana.  Bila ingin menjelajah kesana  tentunya  seseorang harus merogoh sakunya dalam dalam, karena biaya  yang dikeluarkan tidaklah  murah.  Namun  tak usah kuatir, jika hanya ingin mengenal  sekaligus merasakan sensasinya  Menara Eifel,  Taman Pintar Yogyakarta  akan menghadirkan  di  Taman Pintar Yogyakarta dalam waktu dekat ini.

Rencana  pembangunan zona pembelajaran yang diberi nama “Zona Jelajah Menara Eiffel” itu  merupakan  kerjasama  Pemerintah Kota Yogyakarta – Taman Pintar  dengan Kedutaan Besar Perancis  melalui IFI (Institut Français d’Indonesia ) Yogyakarta.   Pemkot Jogja dan Kedutaan Besar Prancis telah  sepakat untuk mewujudkan pembangunan zona pembelajaran Menara Eiffel yang  menempati lokasi di Gedung Kotak lantai 2 Taman Pintar Yogyakarta.

Untuk  memantapkan kerjasama itu Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Jean-Charles Berthonnet  melakukan kunjungan ke Taman Pintar Yogyakarta, Kamis, (04/05/2017).  Dubes Prancis diterima oleh penjabat Walikota Yogyakarta, Drs. Sulistiyo, SH, CN, M.Si.  Sebelum  meninjau  lokasi yang akan  dibangun  miniatur (replika) Menara Eifel,  Charles Berthonnet  didampingi penjabat Walikota  menyempatkan diri melihat lihat  semua konten  dan zona yang ada di Taman Pintar.  Duta besar Prancis itu sangat terkesan dengan  Taman Pintar.

Penjabat Walikota  Drs, Sulistiyo menyampaikan rasa terima kasihnya kepadaDuta Prancis  atas kunjungannya ke Taman Pintar. Menurut Sulistiyo apa yang ingin dibangun,  ke depan menjadi sebuah hal menarik, khsusnya bagi para pelajar  untuk melihat menara Eifel dari dekat  meskipun  hanya dalam sebuah replika.  Sulistiyo berharap replika Menara Eifel ini dapat  menambah banyak pengunjung yang datang ke Taman Pintar.  Selain itu pula akan menambah persaudaraan  antara Kota Yogyakarta dan Prancis.

Sementara itu, Plt.Dinas Priwisata Drs, Yuniarto Dwi Sutono  menjelaskan  latar belakang  akan dibangunnya  replika menara Eifel  di Taman Pintar  berawal dari kerjasama penyelenggaraan kegiatan Pesta Sains, acara tahunan yang diprakarsai oleh Kedutaan Besar Perancis bersama dengan IFI Yogyakarta, di beberapa kota besar di Indonesia, yang melibatkan serta menggunakan lokasi di Taman Pintar dalam 2 (dua) tahun berturut-turut.  Dikatakan, penyelenggaraan Pesta Sains di Taman Pintar dalam bentuk pameran display informasi mengenai isu-isu dunia dan lingkungan, serta Pasar Sehat  tu kemudian menjadi sebuah inspirasi bagi Kedutaan Besar Perancis, bersama dengan IFI Yogyakarta untuk lebih memperkenalkan mengenai sisi keilmuan, dalam hal ini adalah teknologi konstruksi, serta berbagai cerita menarik mengenai ikon Perancis dan Kota Paris yang terkenal di dunia, Menara Eiffel, dalam bentuk sebuah zona pembelajaran di Taman Pintar.

Menurut rencana  pembangunan  replika menara Eifel itu diperkirakan akan berjalan selama dua bulan, dimulai pada bulan Mei 2017 hingga bulan Juli 2017. Bila keseluruhan proses pembangunan berjalan dengan lancar, maka diharapkan Zona Jelajah Menara Eiffel akan bisa diresmikan pada pertengahan  Juli 2017 ini.

Zona Jelajah Menara Eiffel  Taman Pintar Ygyakarta ini akan menampilkan , Sisi Illuminations tentang pencahayaan di Menara Eiffel dan arti penting Menara Eiffel bagi masyarakat Perancis.  Miniatur Menara Eiffel  ini  dibuat sesuai dengan skala aslinya setinggi 2 meter, dilengkapi dengan diorama kembang api perayaan di Menara Eiffel.

Biografi Gustave Eiffel sebagai pendiri Menara Eiffel, dilengkapi dengan kutipannya yang sangat terkenal yaitu “Saya akan iri dengan menara ini, hal ini lebih terkenal dari saya” akan melengkapi zona ini.  Dua  buah buku besar tentang tahapan pembangunan Menara Eiffel dan Baut yang dibawa langsung dari Menara Eiffel juga akan ditempatkan di sana.   Zona ini juga akan dilenkapi dengan   gambaran konstruksi tahapan pembangunan Menara Eiffel dari tahun 1886 sampai dengan tahun 1889, lengkap dengan penjelasan tiap tahapan pembangunan.

Video tentang kondisi dan situasi Menara Eiffel saat ini, serta lettering infografi Menara Eiffel,  serta perbandingan waktu di Jogja dan Paris  yang dapat dilihat  menggunakan jam dinding akan memberikan informasi kepada para pengnjung  Taman Pintar. Pengnunjung yang ingin  berfoto  Taman Pintar menyediakan  Photoboth dengan backdrop foto Menara Eiffel dari bagian bawah, sehingga seolah-olah berfoto di bawah Menara Eiffel.

Kunjungan  Dubes Prancis diakhiri dengan tukar menukar cindera mata. Uniknya, Dubes Prancis  Jean-Charles Berthonnet membawa potongan  besi Baut  menara Eifel sebagai cindera mata. (@mix-har)

Artikel yang Serupa

Top