Kamu ada di
Home > News > KSAU Resmikan Monumen Pesawat F-5 Tiger

KSAU Resmikan Monumen Pesawat F-5 Tiger

KSAU berfoto di monumen pesawat (foto: Christian Yanuar)

SLEMAN – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto, meresmikan Monumen pesawat F-5 Tiger, yang berlokasi di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Yogyakarta, Selasa (25/4/2017).

KSAU Marsekal Hadi Tjahjanto dalam sambutannya menyampaikan, momen ini sekaligus menjadi ajang silaturahmi bagi para Eagle atau penerbang pesawat F-5 Tiger.

“Saya ucapkan selamat dan sukses kepada seluruh keluarga Eagle. Saya doakan untuk selalu sehat dan sukses dalam melaksanakan tugas dan pengabdian selanjutnya,” kata KSAU.

Lebih lanjut, KSAU mengatakan, Pesawat ini telah mengudara selama 35 tahun di angkasa nusantara. Pesawat tempur F-5 E/F Tiger II telah purna tugas sejak tahun 2015. Pesawat ini merupakan salah satu pesawat tempur yang telah bertugas sejak tahun 1980-an dan menjadi pesawat kebanggaan TNI AU.

“Pesawat ini merupakan pengganti F-96 Avon Sabre di Skadron Udara Lanud Iswahyudi di Madiun yang sudah berusia lanjut dan perlu diganti.

“Pilihan kami jatuh pada pesawat F-5 E/F Tiger II, buatan Northrop Co, Amerika Serikat (AS). Sejak kedatangannya, pesawat ini dijuluki Sang Macan,” tambah KSAU.

Selain menjadi monumen di Yogyakarta, lanjut KSAU, pesawat yang sama juga dijadikan monumen di Markas Komando Pertahanan Udara Nasional, Jakarta.

Monumen pesawat F-5 di kompleks Lanud Adisucipto Yogyakarta ini juga menjadi cerminan sejarah bagi penerus bangsa.

“Ini menjadi bukti sejarah pengabdian kepada bangsa dan negara yang tak pernah lekang oleh waktu,” tutup dia. (ynr)

Terima kasih untuk berbagi berita di :

Artikel yang Serupa

Top