Anda berada di
Beranda > News > Pecah Telur, Tradisi Kenaikan Pangkat di Lanud Adisucipto

Pecah Telur, Tradisi Kenaikan Pangkat di Lanud Adisucipto

Kepala Dinas Personil Kolonel Pnb Dedy Susanto saat melakukan prosesi pecah telur kepada anggota yang naik pangkat (foto: Dok. Lanud Adisucipto)

SLEMAN – Tradisi kenaikan pangkat dengan pecah telur yang dilakukan di Lanud Adisucipto ini bisa dikatakan cukup langka, karena hampir tidak dilakukan di Satuan lain.

Tradisi inilah yang dilakukan pada Senin (3/4/2017), dimana Komandan Lanud Adisucipto Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga, MM. melakukan pecah telur di punggung dan kepala para anggotanya yang berhasil naik pangkat, sekaligus penyiraman air secara massal. Tradisi tersebut dilaksanakan usai upacara bendera yang dilaksanakan di Lapangan Jupiter.

“Pecah telur Ini bermakna agar personel yang mendapat kenaikan pangkat, ibarat sebutir telur yang menetas dan pecah, dapat keluar dengan sebuah pemikiran dan gagasan baru dalam setiap pelaksanaan tugasnya. Sedangkan penyiraman air bermakna agar para prajurit yang mendapatkan kenaikan pangkat mendapatkan siraman berkah dan pembersihan diri agar menjadi prajurit dengan semangat yang baru dalam pengabdian tugasnya,” papar Danlanud.

Satu kejadian menarik terjadi dalam prosesi tersebut, ketika Komandan Lanud Adisucipto memecahkan telur yang dimaksudkan untuk salah satu anggota yang naik pangkat, justru pecahan telur tersebut mengenai celananya. Kejadian itu langsung disambut histeris dari para staff-nya.

Danlanud menyampaikan, “Kenaikan pangkat bukan merupakan suatu hal yang terjadi secara otomatis. Akan tetapi, pada hakekatnya adalah merupakan bagian dari pembinaan personel yang dilaksanakan secara terus-menerus dan terencana, yang diberikan berdasar atas prestasi, dedikasi dan loyalitas yang telah ditunjukkan selama berdinas.”

Kenaikan pangkat yang setingkat lebih tinggi dari sebelumnya, dilakukan kepada total 158 personel, terdiri dari 32 orang Perwira menengah, 19 orang perwira pertama dan 107 personel berpangkat Bintara dan Tamtama.

Upacara kenaikan Pangkat bagi anggota Lanud Adisucipto periode 1 April 2017 ini dilaksanakan di dua tempat, untuk Bintara dan Tamtama dilaksanakan di lapangan Jupiter Lanud Adisucipto dalam sebuah upacara, sedangkan untuk perwira dilaksanakan Laporan Korp Perwira di Gedung Jupiter Lanud Adisucipto. (qin)

Artikel Serupa

Ke Atas