Anda berada di
Beranda > News > Pesawat The Jupiters Milik TNI AU Unjuk Kebolehan di Langit Malaya

Pesawat The Jupiters Milik TNI AU Unjuk Kebolehan di Langit Malaya

Pasukan The Jupiters siap beraksi di Malaysia (Foto: Dok. Lanud Adisucipto)

LANGKAWI, MALAYSIA, SPJ – Tim aerobatik TNI AU Jupiter Aerobatic Team (JAT) atau The Jupiters mulai beraksi di atas langit negeri jiran Malaysia, Sabtu (18/3/2017), dalam sesi gladi sebelum tampil di event Langkawi International Maritime Aerospace Exhibition (LIMA) 2017 di Langkawi Malaysia, 21-25 Maret.

“Untuk gladi ini dilakukan selama dua hari yakni Sabtu dan Minggu (18 dan 19 Maret),” kata Kepala penerangan dan perpustakaan (Kapentak) Lanud Adisucipto Yogyakarta, Mayor Sus Giyanto, Sabtu (18/3/2017).

Kapentak menjelaskan, setelah mengadakan gladi selama dua hari, pasukan The Jupiters akan rehat pada Senin (20/3), dan baru keesokan harinya yaitu Selasa (21/3) akan mengikuti ajang LIMA 2017. Event LIMA sendiri akan berlangsung hingga Sabtu (25/3/2017). Dalam event itu, The Jupiters total akan melakukan enam penampilan dan 13 manuver, tiga untuk business day, dua untuk public day, dan satu lagi untuk friendship flight (terbang formasi).

“21, 22 dan 23 Maret tampil untuk business day, 24, dan 25 Maret public day. Untuk tanggal 24 kita ikut friendship flight bersama ROKAF Black Eagles, tim aerobatik dari Korea Selatan,” tambah Kapentak.

Sementara Leader The Jupiters Letkol Pnb. HM. Kisha “Razor” Ketika dihubungi menyampaikan, selain tim aerobatik dari TNI AU, LIMA 2017 juga diikuti beberapa tim aerobatik AU dari negara-negara lain. Di antaranya RMAF Malaysia, T-50 Blue Eagles, Korea Selatan dan Russian Knights, Rusia.

The Jupiters milik TNI AU Indonesia sendiri berkekuatan tujuh pesawat latih KT 1B Woong Bee (enam pesawat utama dan satu cadangan), dan 13 penerbang (enam penerbang inti dan tujuh pendamping), serta dua pesawat C-130 Hercules sebagai tim advance dan ground support. Mission commander dan supervisi The Jupiters dipegang oleh Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga.MM, yang juga menjabat sebagai Komandan Lanud Adisucipto. (qin)

Artikel Serupa

Ke Atas